Cara Mengurangi Perih Lambung dengan Bahan Alami

Perih lambung atau kita mengenalnya sebagai sakit maag dapat terjadi secara mendadak pada siapa saja mulai dari anak-anak, dewasa hingga manula atau lanjut usia. Kita lebih mengenal perih lambung atau maag yang di bagi menjadi 2 yaitu maag akut dan maag kronis. Tentu dalam dua bagian ini yang kronis adalah cukup serius dalam perawatannya, Sebab maag kronis akan memicu komplikasi berupa kanker lambung. 

Perih lambung sebenarnya dapat terjadi akibat infeksi bakteri yang masuk bersama dengan makanan, asam lambung tinggi naik ke kerongkongan, riwayat penyakit gastroenstesis, dan beberapa penyebab lainnya. 

Berikut di bawah beberapa penyebab seseorang mengalami sakit maag atau perih lambung diantaranya : 

■ Akibat telat makan.
■ Konsumsi makanan dengan zat asam tinggi seperti makanan pedas, minuman berkafein, makanan yang di goreng. 
■ Alkoholisme, merokok dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. 
■ Riwayat penyakit pada sistem pencernaan. 
■ Obesitas atau kegemukan. 
■ Kurang cairan tubuh. 

Adapun mengenai gejala yang sering di alami oleh orang yang sedang perih lambung atau maag diantaranya : 

■ Berkeringan Dingin dan seolah-olah ingin pingsan. 
■ Perih pada perut bagian atas.
■ Nyeri ulu hati seakan-akan usu melilit. 
■ Mual, pusing bahkan muntah. 
■ Sembelit.
■ Penglihatan buram dan kabur serasa tubuh ingin terjatuh.

Berbagai macam keperluan obat-obatan telah tersedia dan di jual bebas di toko-toko obat dan di apotek setempat. Namun, seringkali obat-obatan khusus perih lambung yang tidak alami dapat mengakibatkan efek samping tertentu, ketergantungan dan malah memperparah keadaan tersebut. 

Apabila sedang mencari keperluan obat-obatan yang dapat membantu anda  mengurangi kondisi perih lambung yakni dengan bahan-bahan alami. Keseluruhan bahan alami memang sangat aman untuk pemakaiannya bagi semua usia. 

Bahan-Bahan Alami yang dapat membantu anda mengurangi keluhan kesehatan perih lambung atau sakit maag yakni sebagai berikut :  

Kunyit 

Mungkin adan sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini, kita mungkin sering mengonsumsinya saat ada tukang jamu gendong yang mampir ke rumah. Jamu yang terbuat dari racikan kunyit tersebut memang 100% kunyit asli dan kombinasi bahan-bahan rempah pilihan.  Jadi bagi anda yang mengidap keluhan sering perih lambung, apa salahnya untuk mencoba konsumsi kunyit setiap harinya.  Kunyit terdapat senyawa curcumin yang membantu mengurangi dan mencegah peradangan pada dinding lambung akibat adanya infeksi luka lambung. 

Pisang

Buah pisang juga bahan alami yang mudah di jumpai bahkan harganya pun terbilang murah meriah. Buah pisang memang bermanfaat dalam mengurangi perih lambung dengan menurungkan asam lambung yang berlebihan.  

Bawang Putih dan Bawang Merah 

Baik bawang putih atau pun bawang merah, keduanya mempunyai peranan penting dalam membantu mengurangi gejala perih lambung. Bawang putih dan bawang merah memiliki beberapa senyawa yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebaln tubuh. Jadi bagi anak-anak yang mengidap sakit maag penting sekali untuk mengonsumsi bawang putih atau pun bawang merah. 

Itulah beberapa asupan bahan-bahan alami pilihan yang membantu mengurangi perih pada lambung. Mudah-mudahan apa yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat. 


Komentar